Mempelajari Menu Wipeout di Autocad

Command Wipeout pada AutoCAD digunakan untuk apa ? dari kata wipeout sendiri yang berarti menghapus / memusnahkan, tanpa merubah benda kita dapat menutupi bagian benda tersebut dengan object wipeout sehingga benda yang tertutupi object wipeout tidak akan terlihat pada hasil cetak gambar.

Mari kita mencoba menggunakan perintah Wipe out pada AutoCAD :

Baca juga  Agar File Excel dapat diedit beberapa orang dan diwaktu yang bersamaan

1. ketikkan command dengan lengkap Wipeout 
2. Secara standard kita dapat membuat langsung object wipeout dengan klik titik - titik dimana area object wipeout akan dibuat, akan tetapi terdapat  terdapat dua option atau pilihan lainnya pada command wipeout sehingga mempermudah dalam pembuatan dan hasil yang sesuai.
- yang pertama adalah  pilihan Frame : 
terdapat 3 pilihan dari Frame :
  • ON dengan mengetikkan On : menggunakan garis outline / garis luar dan akan terlihat pada saat dicetak.
  • OFF dengan mengetikkan Off : tidak menggunakan garis outline / garis luar.
  • Display but not plot dengan mengetikkan D : garis luar akan terlihat pada saat menggambar tetapi pada waktu dicetak garis luar tidak terlihat.
- yang kedua adalah pilihan Polyline
yaitu pembuatan area object wipeout dengan memilih sebuah polyline yang tertutup. 

berikut contoh polyline yang tertutup :

Contoh Polyline yang tertutup pada AutoCAD
Contoh Polyline yang tertutup

Jika object wipeout tidak menutupi benda , kemungkinan object wipeout berada dibawah benda yang akan ditutupi oleh wipeout. Gunakan menu Draw Order dengan cara pilih object wipeout, klik kanan dan pilih menu Draw Order , pilih Bring to Front atau baca tulisan mempermudah menu Draw Order pada AutoCAD.

3. Contoh hasil penggunaan menu Wipeout AutoCAD :

Mempelajari Menu Wipeout di Autocad
Hasil gambar persegi yang tertutupi oleh object wipeout

Sedikit kekurangan dari segi pembuatan dan hasil pada menu wipeout AutoCAD :
  • Posisi object wipeout harus selalu berada diatas benda yang akan ditutupi, jika kita membuat benda baru di dalam area wipeout maka benda tidak akan tertutup oleh object wipeout.
  • Terkadang jika kita salah mencetak / memilih jenis printer dalam hal ini saya pernah mencoba, dan hasil pada area wipeout akan tercetak lebih tebal atau ada arsiran sehingga mengganggu hasil cetak gambar, mungkin ini jarang terjadi hanya saya pernah mengalaminya.

sepertihalnya tulisan merubah command autocad dan yang lainnya semoga tulisan yang sedikit mengenai menu wipeout di AutoCAD dapat membantu menambah pengetahuan.

Share this

Related Posts