Agar File Excel dapat diedit beberapa orang dan diwaktu yang bersamaan

   Sangatlah membantu sekali jika suatu pekerjaan dapat dikerjakan oleh beberapa orang bersama-sama dalam jaringan yang sama ( work share ), contohnya didalam sebuah kantor.  Tentunya pekerjaan yang besar akan lebih cepat selesai dan ini merupakan salah satu tips dan trik engineering  dari tips - tips yang pernah saya tulis sebelumnya , memberi nomor sheet ( sheet ... of ... sheets ) secara otomatis.
      Sebagai contoh adalah pekerjaan 3d cad modeling PDMS / MDS yang pekerjaannya dilakukan oleh beberapa orang dalam waktu bersamaan, sebagai contoh saja. 

Agar File Excel dapat diedit beberapa orang dan diwaktu bersamaan Engineering Tips dan Trik     Dan tulisan saya berikut mengenai pekerjaan yang menggunakan software excel. Siapa yang tidak tahu software excel, yang setiap harinya digunakan para engineer ataupun drafter autocad dalam membantu mengitung kalkulasi / membuat perhitungan material. 
     Konsepnya hampir sama dengan contoh 3d modeling, hanya saja kita menggunakan satu file excel yang diletakkan di server dan semua dapat membuka file excel tersebut dalam waktu yang bersamaan.



Didalam tulisan ini saya menggunakan software excel 2010

1. Buka pada tab Review 

2. Klik pada share workbook. 


Pada tab editing, centang pada allow changes by more than one user at the same time.also allows workbook mergering. 

Agar File Excel dapat diedit beberapa orang dan diwaktu bersamaan Engineering Tips dan Trik

Pada tab advanced, kita bisa atur sesui kebutuhan. 

Agar File Excel dapat diedit beberapa orang dan diwaktu bersamaan Engineering Tips dan Trik

Dan salah satu yang terpenting adalah pada pengaturan conflig change between users.
- Ask me which changes win - ada pemberitahuan jika ada perubahan secara bersamaan di satu cell yang sama ( yang disarankan ).
- The changes being saved win - tidak ada pemberitahuan.


Kekurangan saat kita menggunakan share workbook :
Kita tidak dapat memperbarui / refresh data yang berada di sheet yang menggunakan VipotTable, kita harus mengembalikan file excel dalam kondisi tidak shrare workbook dengan cara menghilangkan tanda centang pada allow changes by more than one user at the same time.also allows workbook mergering.

 Semoga tulisan dari saya yang sedikit ini dapat membantu mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan kita ataupun hanya sekedar menambah pengetahuan.

Share this

Related Posts